Selasa, 05 Mei 2015

Purbalingga akan Kembangkan 6 Desa Wisata, Ini Dia

Kamis, 16 April 2015 17:36

Purbalingga akan Kembangkan 6 Desa Wisata, Ini Dia
tribunjateng/abdul arief
Purbalingga akan Kembangkan 6 Desa Wisata, Ini Dia 


Laporan Wartawan Tribun Jateng Abdul Arif
TRIBUNJATENG.COM, PURBALINGGA- Kepala Dinbudparpora Kabupaten Purbalingga Subeno menyampaikan, ada enam desa di Purbalingga yang akan dikembangkan sebagai desa wisata.
Dia menyebutkan, keenam desa tersebut yaitu Desa Panusupan Kecamatan Rembang, Desa Tanalum Kecamatan Rembang, Desa Limbasari, Kecamatan Bobotsari, Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Desa Wisata Siwarak, Kecamatan Karangreja, Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari.
Menurut dia, selain Desa-desa tersebut, ada juga beberapa rintisan desa wiasta. Yaitu Desa Sidareja, Kecamatan Kaligondang, Desa Kedungbenda, Kecamatan Kemangkon, Desa Wisata Purbayasa, Kecamatan Padamara, Desa wisata Pekiringan, Kecamatan Karangmoncol, dan Desa Karangcegak,Kecamatan Kutasari.
Menurut Subeno, untuk mendukung potensi desa wisata perlu campur tangan semua pihak, yaitu pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.
“Masyarakat harus sadar wisata. Suasana harus dibikin aman, nyaman. Wisatawan harus di bikin betah. Jangan ada gontok-gontokan karena rebutan home stay,” katanya.
Sementara peran pemerintah mendorong lewat regulasi, promosi dan infrastruktur.
Adapun, lanjut Subeno, dunia usaha seperti perhotelan dan rumah makan/restauran, diharapkan ikut berperan mempromosikan desa wisata. "Caranya dengan mengijinkan pemasangan poster/leaflet desa wisata di tempat yang mudah dijangkau pengunjung hotel/rumah makan," katanya. (*)
Penulis: abdul arif
Editor: iswidodo
Sumber: Tribun Jateng

Tidak ada komentar:

Posting Komentar